Minggu, 13 Oktober 2013

TUTORIAL PEMBUATAN APLIKASI SEDERHANA MENGGUNAKAN C++



Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit ilmu tentang bahasa pemrograman c++. Untuk langkah awal pembuatan aplikasi sederhana menggunakan c++ kita harus memiliki aplikasi yang bernama Microsoft Visual Studio, pada kesempatan kali ini saya memakai versi yang 2010.
Aplikasi yang saya buat ini berjudul APLIKASI PENGHITUNG VOLUME LIMAS SEGITIGA DAN VOLUME BOLA. Fungsi program ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dala menghitung volume limas segitiga dan volume bola, karena dalam aplikasi ini pengguna hanya menginputkna nilai yang diminta oleh program, ketika selesai menginputkan nilai program menampilkan hasil perhitungan yang kita inginkan.
Sebelum saya membuat program sederhana ini
saya terlebih dahulu membuat flowchart programnya yaitu seperti gambar dibawah ini

Flowchart program
Dengan flowchart kita lebih mudah membuat program karena dengan flowchart kita tahu alur program mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.



Berikut source code dari program yang telah saya buat
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

#define phi 3.14159
int main(void)
{
bool working = true;
int Rumus;
float v, lA, r, tinggi;
while(working)
{

       printf("=========== APLIKASI PENGHITUNG VOLUME LIMAS DAN VOLUME BOLA ============\n");
       printf("Pilih Menu Anda :\n");
       printf("\n1. Volume Limas Segitiga");
       printf("\n2. Volume Bola");
       printf("\n\nPilih Menu Anda :"); 
       scanf("%d", &Rumus);
       switch(Rumus)
       {
       case 1:
              printf("PENGHITUNGAN VOLUME LIMAS SEGITIGA \n");
              printf("\nMasukan Nilai Alas limas : ");
              scanf("%f", &lA);
              printf("\nMasukan Nilai tinggi : ");
              scanf("%f", &tinggi);
              v = (lA * tinggi) / 3;
              printf("\n\nVolume Limas Segitiga : %.3f cm3", v);
              working = false;
       break;
       case 2:
              printf("PENGHITUNGAN VOLUME BOLA \n");
              printf("\nMasukan jari - jari bola : ");
              scanf("%f", &r);
              v = (4 * phi * r * r * r) / 3;
              printf("\n\nVolume Bola : %.3f cm3", v);
              working = false;
       break;
       default:
              printf("\nPilihan anda tidak ada !\n\n");
              system("pause");
              system("cls");
       }
             
}
       printf("\n\n");
       system("pause");
       return(0);

}

Saya juga membuat video tutorialnya dan dapat di lihat di http://youtu.be/mjVESX00TW8.

Sekian berbagi ilmu dari saya,semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf karena saya juga dalam proses belajar,heheh J

0 komentar:

Posting Komentar

 
;