Rabu, 05 Maret 2014

Kegiatan Magang di Polda Jambi

LAPORAN KEGIATAN MAGANG DI POLDA JAMBI




Gambar 1. Logo Polda Jambi

Magang atau biasa dikenal praktek lapangan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengasah atau menerapkan ilmu yang didapat dari kampus kemudian diterapkan pada dunia nyata. Pada kesempatan kali ini khususnya mahasiswa D4 ITB jurusan
TKJMD ( Teknik Komputer Jaringan dan Media Digital ) mendapat tugas untuk magang di Polda seluruh Indonesia. Kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa D4 adalah melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan UPJJ STIK-PTIK serta membantu masalah teknis di bidang IT yang ada di Polda setempat. Diharapkan hasil magang ini menghasilkan masukan standart apa yang harus di miliki oleh tiap Polda dalam mengikuti PJJ versi PTIK ini, namum mahasiswa yang berkesempatan magang di Polda tidak semuanya melainkan hanya 31 mahasiswa. Kami mahasiswa yang bertugas magang di Polda berangkat ke tempat magang tanggal 20 Desember 2013 tapi tidak semua mahasiswa serempak berangkat ke tempat magang, karena sebagian dari kami masih ada jam kuliah dan UAS.

Hari Jumat tanggal 20 Desember 2013, sekitar pukul 12.30 waktu setempat saya mendarat di Bandara Sultan Thaha – Jambi, setelah saya keluar dari bandara saya dijemput oleh 2 orang petugas kepolisian Polda Jambi yang akan mengantar saya ke Polda Jambi. Setibanya di Polda saya diantar ke ruangan SDM dan bertemu Kabag Dalpers untuk melapor kedatangan saya. Setelah beberapa lama berbincang-bincang dengan Kabag Dalpers dan staffnya saya ditugaskan untuk masuk kerja pada hari Senin tanggal 23 Desember 2013.

Kegiatan Magang
Pada hari pertama magang Senin 23 Desember 2013 yang dilakukan adalah mencari informasi tentang kesiapan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), mulai dari kesiapan jaringan, peralatan yang digunakan, ruang kelas dan petugas yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan PJJ di Polda Jambi. Setelah mengumpulkan informasi didapatkan data sebagai berikut:
A.   Peralatan yang Digunakan Untuk PJJ Polda Jambi
Dalam pelaksanaan PJJ setiap Polda seluruh Indonesia mendapat bantuan dari ICITAP ( International Criminal Investigative Training Assistance Program ) berupa peralatan pendukung PJJ, adapun peralatannya tercantum dalam tabel dibawah ini.
Nama Barang
Jumlah
Kondisi Barang
Keterangan
Laptop Fujitsu

1 Unit
Baik
ICITAP
Printer Canon

1 Unit
Baik
ICITAP
Projector Infocus

1 Unit
Baik
ICITAP
Webcam Logitec

1 Unit
Baik
ICITAP
Modem GSM

1 Unit
Baik
ICITAP
Mic Kenwood

1 Unit
Baik
Polda Jambi
Layar Proyektor

1 Unit
Baik
Polda Jambi
Speaker

1 Unit
Baik
Polda Jambi



B.   Topologi Jaringan Internet
Polda Jambi memiliki 4 modem SPEEDY dengan pengaturan bandwith menggunkan microtic yang masing-masing modem memiliki bandwith 3Mb x 4 = 12 Mb, 3 modem dengan bandwith 9Mb disharing ke setiap satuan kerja yang ada di Polda Jambi sedangkan satu modem lagi dengan bandwith 3Mb di prioritaskan untuk digunakan pelaksanaan PJJ.



Gambar 2. Topologi Jaringan

C.   Ruang Kelas
Untuk sementara ini Polda Jambi baru menyediakan 1 kelas dengan kapasitas maksimal 8 orang. Untuk gelombang pertama peserta yang mengikuti PJJ di Polda Jambi hanya 3 orang.



Gambar 3. Kelas PJJ Polda Jambi

D.   Petugas yang Bertanggungjawab

Kepala Sekretariat PJJ Polda Jambi        : Kombes Pol. Mukhlis, SIK
Koordinator Mentor                                      : AKBP. Sri Winugroho, SIK.
Mentor                                                           : Kompol. Ida Made Bagus Winarta, SIK
Admin                                                            : Roy Sirait dan Bripka. Dhani
Teknisi                                                           : Isroman dan Bripka. Yudhi, A.Md
Hari Senin 23 Desember 2013, setelah mencatat data yang diperoleh kegiatan selanjutnya aja melakukan uji coba web conference menggunkan (BBB) BigBlueButton dengan 5 pengguna. Untuk pelaksanaan kegiatan PJJ, Polda Jambi menggunakan LAN dengan bandwith 3 Mbps. Dalam uji coba pertama ini tidak mengalami kendala, suara dan video yang diterima maupun dikirim berjalan selaras dan lancar.

Hari Selasa 24 Desember 2013 dilakukan uji coba web conference menggunkan (BBB) BigBlueButton dengan 10 pengguna termasuk STIK-PTIK. Dalam uji coba kali ini apabila pengguna masih berjumlah 10  suara dan video yang diterima maupun dikirim berjalan selaras, namun ketika semakin siang dan jumlah pengguna bertambah suara dan video mulai putus-putus, hal ini terjadi karena server BBB yang berada di STIK belum siap untuk menerima pengguna lebih dari 10.

Tanggal 25-27 Desember 2013 melakukan uji coba web conference menggunkan (BBB) BigBlueButton dengan Polda lain dan STIK-PTIK, hal ini dilakukan untuk menguji kestabilan jaringan internet yang ada di Polda Jambi maupun server yang ada d STIK Jakarta.
Hari Senin 30 Desember 2013 Polda Jambi kedatangan tim monitoring dan evaluasi (monev) dari SEAMOLEC ( Southest Asian Ministers Of Education Organization Regional Open Learning Center ), tujuan tim monev berkunjung ke Polda Jambi adalah melakukan monitor dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas mahasiswa ITB D-4 yang diperbantukan untuk penyempurnaan TIK Polda diseluruh lndonesia. Pada hari itu melakukan uji coba web conference menggunakan BBB dengan pengguna dari Polda seluruh Indonesia, STIK dan SEAMOLEC, namun ada beberapa Polda yang tidak dapat mengikuti web coference karena ada beberapa mahasiswa ITB yang belum berangkat ke tempat magang dan belum siapnya jaringan di beberapa Polda. Pada uji coba kali ini dengan jumlah pengguna sebanyak 25 pengguna, suara dan video yang diterima maupun dikirim berjalan lancar.


Gambar 4. Hasil Speedtest



Gambar 5. Web Conference Menggunakan BBB


Gambar 6. Komentar dari STIK ke Polda Jambi

Hari Jumat 3 Januari 2014 melakukan gladi kotor untuk web conference dengan Kapolri dalam rangka pembukaan PJJ, yang menghadiri gladi kotor adalah Kabag Dalpers, teknisi, admnin dan mahasiswa ITB.  Dalam gladi kotor ini web conference menggunakan aplikasi Webex dari Cisco. Hal ini dilakukan karena dalam aplikasi sebelumnya yaitu BBB banyak mengalami kendala seperti seringnya video dan suara yang putus-putus dan sulit untuk join meeting . Alasan beralih ke aplikasi Webex dari Cisco adalah jarang terjadi kesulitan untuk join meeting, video yang di hasilkan berkualitas High Definition(HD) namun kualitas HD ini tergantung dari kestabilan dan bandwith yang digunkan di masing-masing Polda. Namun apabila jaringan dan bandwith kurang stabil video yang di hasilkan Webex kurang baik/pecah.


Gambar 7. Web Conference Menggunakan Webex

Hari Senin 6 Januari 2014 melakukan gladi bersih tetap dengan menggunakan Webex. Peserta yang meghadiri gladi bersih di Polda Jambi ini adalah Karo SDM, Koordinator Mentor, Mentor, Calon Mahasiswa PJJ STIK, Admin, Teknisi dan Mahasiswa ITB.
Hari Rabu 8 Januari 2014 melakukan web conference dalam rangka launching PJJ oleh Kapolri. Peserta yang menghadiri web conference ini adalah Kapolri beserta jajarannya, STIK, Polda seluruh Indonesia dan yang menghadiri di Polda Jambi adalah Karo SDM, Koordinator Mentor, Mentor, Calon Mahasiswa PJJ STIK, Admin, Teknisi dan Mahasiswa ITB. Dalam gladi bersih ini tetap menggunakan aplikasi Webex.



Gambar 8. Launchin PJJ Dengan Menggunakan Webex

Tanggal 18 – 20 Februari 2014 Polda Jambi kedatangan tim survey dari Lemdikpol. Tujuan tim Lemdikpol mendatangi Polda Jambi adalah untuk melakukan survey tentang kesiapan pelaksanaan PJJ mulai dari jaringan, kelas dan peralatan yang digunakan petugas-petugas yang bertanggung jawab dalam pelakasanaan PJJ di Polda Jambi. Dalam kunjungan tersebut tim dari Lemdikpol melakukan sosialisasi tentang PJJ kepada calon mahasiswa PJJ STIK.




Gambar 9. Pelaksanaan Survey dan Sosialisasi Oleh Lemdikpol

Kendala dan Saran

Dalam pelaksanaan magang di Polda Jambi khususnya menangani tentang PJJ tidak mengalami kendala yang berarti yaitu padamnya aliran listrik dan Polda Jambi belum memiliki genset khusus untuk pelaksanaan PJJ. Genset yang ada di Polda Jambi hanya mampu memenuhi kebutuhan satuan-satuan kerja saja. Disarankan Polda Jambi untuk memiliki genset khusus untuk pelaksanaan PJJ agar proses pembelajaran tidak terganggu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;